Jumat, 02 Agustus 2013

NgaBLOGburit, Belajar Bersahabat dengan DEADLINE

Sebenarnya postingan ini adalah hasil dari pengumpulan rasa nekat dalam diriku untuk akhirnya mengikuti kontes blog yang mendadak terkenal seperti Sinta Jojo dalam bulan Ramadhan di kalangan para blogger Indonesia. Saya sudah tahu kontes ini dari tanggal pertama (10/06/2013) dilaksanakannya ngaBLOGburit tetapi belum berani menantang diri untuk mengikutinya secara maraton sampai HARI INI. Entah kesambet apaan tiba-tiba nyali yang selama ini 'tidur' dalam hati saya tiba-tiba terpicu untuk mencobanya di hari terakhir ini dengan tema yang cukup sulit pula.

Oke, ayo mulai sikat tema "All About NgaBLOGBurit" disini!

Jujur saja ya, kontes blog yang satu ini benar-benar memacu adrenalin menulis! Dengan Deadline yang ketat, para blogger diharuskan menulis posting blog yang berkenaan dengan tema berbeda-beda setiap harinya. Hal yang paling mudah dalam tema NgaBLOGBurit ini hanyalah  bagian "Ramadhan"nya saja, sedangkan untuk porsi yang lainnya seperti "mengingat" atau "nostalgia" yang bahasa inggrisnya "flashback" itu yang sulit. Kadang ya yang namanya manusia pasti tidak terlalu ingat kejadian apa saja yang sudah dialami, tetapi disini kita diharuskan untuk menggali ingatan itu dan memilah-milahnya lalu dituangkan ke dalam satu tulisan singkat, padat, dan pastinya sesuai selera juri.

Pesona hadiah yang ditawarkan memang tak dapat terelakkan. Uang Rp.500.000 terlihat sangat menggiurkan bagi para blogger yang berpendapatan secukupnya dan atau anak-anak sekolah yang butuh uang jajan, atau pula pekerja yang mengharapkan THR tak kunjung datang dari bosnya. Apalagi dengan periode yang panjang dan berturut-turut, membuat kesempatan menang menjadi besar. Jadilah, NgaBLOGBurit solusinya. Segila apapun S&K yang ditentukan, tetap diterima dengan sukacita demi meraih uang secara cuma-cuma karena hanya hasil dari MENULIS. Simpel, tidak sulit dan tidak ribet. Selain itu pula nominal hadiah ini memang pantas diberikan sesuai dengan rentang waktunya yang singkat.

Saya juga salah satunya yang termakan pesona hadiah uang setengah juta ini.

Bagi saya pribadi, NgaBLOGBurit semacam tahu kebiasaan saya. Loh, maksudnya? Saya adalah blogger yang bertujuan mencari hadiah alias GiveawayHunter. Saya selalu mengikuti berbagai macam giveaway dan lomba setiap bulannya. Nah, kebiasaan jelek saya sewaktu mengikuti giveaway yaitu sering mepet DL. Saya melakukan itu tanpa alasan. Disamping faktor kelupaan, saya memutuskan melakukan sistem-kebut-mepet-DL dikarenakan ingin mengukur kemampuan menulis dan kecepatan mengetik. Hingga suatu hari nanti saya berhasil menjadi penulis sesungguhnya, penulis yang menerima orderan dengan DL yang tidak main-main, saya tidak kaget dan sudah terbiasa. Eh, ternyata NgaBLOGBurit dapat mendeteksinya. Saya jadi terharu. Saya jadi merasa cocok dan pantas ikut berlomba di kontes ini meskipun saya hanyalah blogger amatiran.

Lalu, kesan yang saya rasakan saat menulis ini? Seru! Deg-degan! Panas! Seperti sedang bermain game balapan mobil dan saya berambisi untuk menjadi yang pertama karena iming-iming taruhan Rp. 500.000. Tetapi NgaBLOGBurit jelas tidak memberlakukan aturan taruhan dong, melainkan satu hadiah Rp. 500.000 yang diperebutkan puluhan penulis sejati.

Penulis sejati? Ya, karena saya salut pada para kompetitor yang sanggup meluangkan waktu disela aktivitas rutinnya yang mungkin agak sibuk hanya untuk menulis tema  NgaBLOGBurit. Hanya penulis sejati lah yang dapat melakukannya. Dapat menaklukan deadline yang diberikan.

Menurut saya, NgaBLOGBurit ini memberi banyak manfaat secara tidak langsung pada pesertanya. Dengan mengikuti kontes ini, peserta diajarkan untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya, bekerja keras, berusaha maksimal, untuk menghasilkan tulisan yang mampu memikat juri. Bagi anak sekolah, kompetisi ini melatih mental untuk menjadi pekerja yang ideal di masa depan. Karena kontes ini menuntut untuk disiplin dan tepat waktu. Selain itu, ditilik dari rentang periode kontes, NgaBLOGBurit juga mengajarkan untuk pantang menyerah. Jika tidak menang, tetap coba lagi, dan coba lagi sampai nyangkut!

NgaBLOGBurit sekilas mengingatkan saya pada komunitas para penulis yang memiliki tagline "Be A Writer, Be A Winner". Tagline ini cocok untuk para peserta NgaBLOGBurit yang hebat!

Akhir kata, semoga penyelenggara NgaBLOGBurit beserta sponsor diberi balasan rejeki yang berkali lipat dari Allah SWT. Dan jika memungkinkan dapat mengadakannya lagi tahun depan dengan S&K yang lebih GILA!

Ngablogburit 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar